• MARTABAK SPEKTAKULER

    Baking Solution Group
    1. Jl. Raya Jatinangor 
    Easton Park Residence
    2. Jl. Adisucipto Karanganyar

    Telp : 081222299901
      : 0813 68672928

          

  • Articles

    MARTABAK MANIS TIDAK LEMBUT

    Pernah suatu ketika, seorang teman membawakan sebungkus martabak manis, yang menurutnya dibeli dari pedagang martabak yang sudah sukses-karena memiliki banyak outlet. Saya senang mendapatkan pemberian demikian. Pasti enak! Pikir saya dalam hati. (Pikiran positif bisa menambah kenikmatan lho.) Seperti biasa saya mulai mencium aroma martabaknya, lalu saya  pegang untuk mengetahui kelembutannya. Setelah itu,  tekstur dan warna 'daging' martabak menjadi perhatian saya. Dan terakhir, inilah yang paling saya tunggu, mencicipi rasanya. Mmm... enak! Saya katakan kepada teman saya: "rasanya ok, dan teksturnya bagus, hanya  kuenya terlalu padat, tidak lembut. Warnamya sangat kuning dan aromanya biasa saja."

     

    Mungkin pengalaman tadi pernah Anda alami juga. Apa yang salah? Mengapa ini terjadi? Bergantung pemahaman dan selera konsumen Anda. Bila pemahaman konsumen tentang martabak yang berkualitas seperti ini, dan mereka cocok dengan tipe martabak yang agak padat dan sedikit lembut, tidak ada masalah. Tetapi, bila yang selerahnyai sebaliknya,  akan segera muncul masalah.

     

    Mengapa martabaknya agak padat-kurang lembut? Saya melihat dalam kasus ini, bahwa ini soal komposisi bahan-bahan yang digunakan dan tehnik memanggang yang kurang tepat. Terlihat dari warna kulit bagian luar yang agak pucat.  Menggunakan banyak gula tabur dan margarine yg sangat banyak. Sehingga martabak sangat berminyak. Dari warnanya yang lebih kuning, dapat dipastikan food coloring-kuning digunakan. Pada waktu memanggang waktumenuang adonan dan menggangkat martabak dari loyang tidak pas. Sehingga kulit luar martabak liat atau alot.

     

    Lalu mengapa konsumen datang membeli? Jawabannya bisa bermacam-macam. Ada yang karena penasaran-ingin tahu. Yang lain lagi, sampai di situlah pemahaman konsumen tentang martabak yang enak. Atau, mungkin tidak ada martabak lain di sekitar daerah itu yang lebih enak dari martabak tersebut-tidak ada pilihan.