•  

    MARTABAK SPEKTAKULER
        Baking Solution Group
    1. Jl. Raya Jatinangor No. 53,
        Kab. Sumedang (dkt UNPAD)
    2. Jl. Sudirman No. 104
        Sukabumi
    .

    Telp  
    : 0878 777 90638
      : 0813 68672928
    franchise@martabakspektakuler.com

     

     

  • Articles

    MARTABAK MANIS SPECIAL

     

    Bagi beberapa orang membuat martabak manis terasa mudah; yang penting martabak sudah bersarang (berlubang-lubang) sudah cukup. Walaupun hasilnya kulitnya gosong atau matangnya tidak rata, atau kulit bagian luarnya tebal. Namun, mereka sudah merasa puas. Bahkan dengan percaya diri yang besar mengatakan 'membuat martabak sangat mudah'! Tidak hanya sampai disitu, beberapa  dari mereka mulai menulis panjang lebar tentang martabak dalam blog atau situs. Jika kualitas martabak manis yang dimaksud hanya seperti di atas, memang sangat mudah!

     

    Tetapi, membuat martabak yang benar-benar berkualitas-special: enak, memiliki tekstur yang lembut dan berpenampilan menarik, serta punya nilai jual yang tinggi, itu tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Inilah yang terjadi ketika saya mengajar mereka membuat martabak manis yang berkualitas. Perlu banyak latihan atau bantuan dari tenaga yang telah berpengalaman.

     

    Kalau begitu bagaimana kita tahu martabak yang kita buat atau beli adalah martabak yang berkualitas baik? Beberapa ciri-ciri berikut ini dapat Anda jadikan sebagai acuan:


    1. Memiliki tekstur yang bagus: bersarang atau berlubang-lubang di semua bagian kue,dan lembut.
    2. Kulit bagian luar (yang berwarna coklat) tipis. Kualitas martabak yang demikian pasti sangat empuk.
    3. Tekstur martabak atau sarang tidak mudah collapse pada waktu dipotong.
    4. Warna daging martabak natural: cerah-tidak terlalu kuning. Bila daging martabak berwarna kuning, yang sering terjadi adalah: menggunakan tambahan pewarna makanan atau  menggunakan bahan pengembang terlalu banyak.
    5. Setelah dikonsumsi tidak ada rasa tidak enak-getir-rasa 'aneh' yang tersisa di mulut. Rasa demikian disebabkan salah menggunakan pengembang kue, atau menggunakan bahan kimia tambahan.
    6. Memiliki keempukan yang cukup lama, sampai besok masih sama lembutnya.
    7. Memiliki rasa yang enak dan tidak terlalu nek (cepat begah). kepandaian 'meracik' isian sangat   besar pengaruhnya terhadap rasa secara keseluruhan.
    8. Memiliki ketebalan yang cukup. Tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Ini memberikan kenyamanan pada waktu menyantapnya.
    9. Memiliki aroma yang membangkitkan selerah.


    Semoga acuan ini dapat membuat Anda lebih memahami kualitas martabak manis yang berkualitas.